Sunday, July 21, 2013

Finally..........BROMO - Part 1

Horeee.....akhirnya hari yang di tunggu tiba ...yup... saya akan ke Bromo.
Bromo adalah tempat yang ingin sekali saya kunjungi. Selama ini saya hanya bisa melihat keindahan Bromo melalui layar televisi atau dari foto teman - teman yang sudah pernah ke sana..
Sore itu sekitar jam 5 saya menuju terminal Ubung di antar oleh teman. Cuaca Denpasar cukup cerah atau lebih tepatnya panas....dan saya berharap itu adalah awal yang baik untuk memulai perjalanan  mengingat waktu itu bulan Desember yang biasanya rawan hujan.
Sampai di terminal saya tinggal mencari bus yang akan membawa saya ke Malang. Beruntung saya sudah membeli tiket sehari sebelumnya, karena hari itu terlihat banyak calon penumpang yang tidak mendapat bus atau mendapat bus tapi dengan harga tiket yang lumayan mahal.
Jam 7 malam bus mulai bergerak meninggalkan terminal, lega rasanya...selama beberapa hari saya akan meninggalkan Bali dengan segala hiruk pikuknya....
Perjalanan Denpasar - Malang biasanya bisa di tempuh selama 10 jam, tapi karena  musim liburan jadi agak macet di pelabuhan di tambah terjadi kecelakaan di Situbondo yang mengakibatkan kemacetan yang lumayan panjang.
Sampai di terminal Arjosari - Malang sekitar jam 8.30 pagi. Sempat ketar- ketir juga sih, karena menurut jadwal, saya harus tiba di meeting point di Stasiun Kota Baru jam 9 pagi.Turun dari bus saya langsung nyari angkot untuk menuju stasiun Kota Baru yang ternyata harus nunggu di pinggir jalan di luar terminal. Akhirnya saya tiba di stasiun Kota Baru dengan selamat dan tidak terlambat :).
Untuk trip ke Bromo ini saya bergabung dengan salah satu tour organizer di kota Malang. Alasannya sih simple...biar ga ruwet dan lebih ekonomis. Karena setelah saya googling, untuk solo traveling ke Bromo lumayan ribet karena harus nyewa jeep yang cukup mahal. Iya kalo beruntung bisa ketemu traveler lain yang bisa diajak sharing cost, kalo ngga kan jadi pusing kalo harus nyewa jeep sendirian....Ya sudahlah milih yang aman saja..lagian biaya untuk trip bromo ini lumayan murah kok.
Setelah berkenalan dengan panitia dan beberapa peserta lain sayapun dapat jatah nasi kotak yang menurut saya enak banget. Entah rasanya memang enak atau karena lapar...ngga tau lah.. yang pasti dalam beberapa menit isi kotak sudah berpindah dengan sukses ke perut saya....nikmat rasanya, sarapan ayam bakar, tempe bacem , sambel plus lalapan di tengah sejuknya kota Malang di pagi hari...
Setelah semua peserta trip berkumpul ( ternyata pesertanya banyak euy....50 orang lebih ) kita menuju ke depan balai kota malang untuk berfoto ria,sebagai bukti kalo kita pernah ke Malang. Gedung Balai Kota memang salah satu icon kota Malang, jadi sempatkan untuk berfoto di depannya kalo pas kalian ke Malang.

Akhirnya jam 11.30 trip yang sebenarnya di mulai. Dari Stasiun Kota Baru kita menuju ke homestay di desa Gubuk Klakah, sekitar 30 km dari kota Malang dengan naik "angkot", bener-bener trip ala backpacker... tapi seru juga:). Kurang lebih 45 menit kemudian kita sudah sampai di homestay, istirahat sebentar dan siap- siap ke air terjun Coban Pelangi.
Air terjun Coban Pelangi terletak di kecamatn Poncokusumo, ngga jauh dari homestay tempat kami menginap. Dari pintu masuk kita harus berjalan  sekitar 1,5 km untuk menuju lokasi air terjun dengan medan yang cukup menguras energi, hehehe...olah raga di siang bolong...
Setelah melewati jembatan bambu nampaklah air terjun setinggi kurang lebih 100 meter. Indah...dengan debit air yang cukup besar. Udara yang dingin dan rasa lelah setelah berjalan naik turun tadi membuat perut  mulai bernyanyi....tengok kanan kiri eh ketemu warung yang jual gorengan. Kayaknya enak nih...makan bakwan atau tempe goreng sambil ngopi...mak nyuss...
Ternyata harganya murah banget. Sepotong bakwan atau tempe goreng cuma Rp.500!

Ok...perut sudah terisi, ayo kita lanjut ke destinasi selanjutnya....kebun apel :)
Dengan angkot, kami menuju ke kebun apel Gubuk Klakah. O ya, salah satu alasan kenapa saya bergabung dengan trip ini adalah dalam itinerary tour disebutkan ada acara petik apel. Memang dari dulu saya pengen sekali berkunjung ke perkebunan buah dan metik buah dari pohonnya langsung gara- gara saya kecanduan game farmville di facebook. Alhamdulillah,,,kesampaian juga, saya bisa metik apel beneran ngga cuma ngeklik mouse doang hehehe....
Sebelum masuk ke kebun kita di briefing sama mas-mas petugas di sana tentang "do" and "dont" pas berada di kebun. Tak lupa masing-masing di bekali satu kantong plastik...hayoooo untuk apa? tebak aja sendiri :) yang jelas yang punya kebun ga mau rugi dong..
Jeng..jeng...jeng...senangnya masuk ke kebun apel, kebetulan waktu itu buahnya lagi banyak dan cukup umur untuk di panen. Langsung  mata jelalatan nyari buah yang paling gede...petik langsung makan...hhmmm uenak tenan...manis-manis masem..seger.
Rasanya pengen makan terus, mumpung gratis hehehe...tapi 3 buah apel sudah cukup membuat perut saya kenyang, ya sudahlah... bantuin metik apel buat peserta lain yang mau beli untuk di bawa pulang.
Harga di sini cukup murah lho...cuma 10 ribu/kg. Saya sih ngga beli karena acara trip saya masih lama, males bawanya...
Dari kebun apel kami langsung balik ke homestay, makan malam terus ngobrol dengan peserta lain. Dan dengan penuh perjuangan akhirnya saya berhasil memaksa diri sendiri untuk mandi sebelum tidur ( bbbrrrr..........sumpah dingin banget ).....